welcome to my blog

WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 24 Agustus 2011

PENCEGAHAN PENYALAH GUNAAN NARKOBA

PERAN AGAMA DALAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA
     Agama secara dogmatis mengajarkan sikap perilaku kebaikan kepada setiap pemeluknya serta menghindarkan diri dari segal  perbuatan buruk yang bernuansa dosa. Indonesia adalah negara berdasarkan pancasila yang mewajibkan setiap warga negaranya untuk memeluk salah satu agama yang disyahkan oleh pemerintah.
     Seiring dangan tuntutan perubahan zaman kke arah modernisasi perilaku sosial yang sering "disalah artikan" yang ada kalanya juga diikuti dengan pergeseran nilai moralitas termasuk pola prilaku penyalahgunaan narkoba.
     Dalam kondisi demikian, maka ketaatan kehidupan beragama dapat menjadi filter bagi para pemuda-pemudi dan umat-Nya. Un tuk menanggulangi perilaku penyalahgunaan narkoba yang terkanjur berprilaku menyimpang untuk kembali ke jalan yang benar.

PERANAN PEMUDA DALAM PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA
Peran adalah sesuatu yang melekat pada diri pemuda  sesuai dengan fungsinya; di lingkungan keluarga, teman sebaya dan masyarakat. Dalam kaitannya dengan upaya pencegahan dapat memainkan peran sebagai 'Role Model Perilaku Positif' menolak penyalah gunaan narkoba.
Kekuatan pemuda untuk mempengaruhi pemuda lain dapat digunakan untuk melakukan pencegahan penyalah gunaan narkoba melalui berbagai kegiatan yang positif, misalnya: kegiatan keagamaan, keorganisasian, kemasyarakatan, dan lain sebagainya

PERAN KELOMPOK SEBAYA DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Kelompok sebaya adalah wadah perkumpulan pemuda yang berusia relatif sama, mempunyai minat dan kepedulian dalam penanggulan penyalah gunaan narkoba
Pencegahan yaitu suatu upacara untuk menghindarkan terjadinya masalah, penyalahgunaan narkoba dilingkungan kepemudaan sebelum masalah terjadi/muncul secara terus-menerus.
Dalam pergaulan dapat  berpengaruh  positif maupun negatif terhadap perilaku pemuda. Melalui kelompok sebaya diharapkan terjadi proses saling mempelajari pengetahuan dan pemahaman tentang penyalah gunaan  narkoba diantara pemuda, sehingga dapat membentuk prilaku positif dalam menolak dan memerangi penyalah gunaan narkoba di kalangan mereka.

SARAN-SARAN


1. Narkoba hanya menjadikan lembaran hitam dalam hidup mu.
2. Memakai narkoba berarti bertanda tangani kontrak kematian.
3. Narkoba hanya membuat hidupmu tinggal sejengkal.
4. Narkoba membuat hidup mu Sia-sia.
5. Karna narkoba hidupmu malu mati pun malu.
6. Hidup sehat tanpa narkoba.
7. Dunia indah tanpa narkoba.
8. Narkoba adalah bayang-bayang kematian.
9. Narkoba kado istimewa neraka.
10. Narkoba telur emasnya setan.
11. Narkoba merusah jiwa dan ragamu.
12. Penjara ganjaran yang setimpal bagi pecandu narkoba.

KESIMPULAN

Dari pembahasan yang sudah kami bahas bersama yaitu tentang pencegahan penyalah gunaan narkoba dapat disimpulkan sebagai berikut:

Jangan mudah tergoda dengan rayuan teman yang tidak bertanggung jawab dan hanya membawakan kehancuran masa depan kita.

Hendaklah kita selalu mendekatkan diri denganTuhan dan mempelajari ajaran agama.

Pintar-pintar lah bergaul dan memilah-milih teman yang baik, supaya kita tidak terjerumus ke dalam penyalah gunaan narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman